ramalan penjualan

Peramalan penjualan memberikan titik awal untuk asumsi yang digunakan dalam kegiatan perencanaan dan untuk pengembangan sistem kontrol keuangan jangka pendek. Potensi pasar bergantung dalam dua faktor utama, yaitu kemampuan pembeli untuk membeli dan kesediaan mereka untuk membeli. Dua dari sebagian besar menggunakan manajerial penting dari perkiraan penjualan adalah pengaturan kuota penjualan dan pengembangan anggaran penjualan. Kuota penjualan adalah tujuan penjualan dan tujuan yang dicari oleh manajemen. Ada tiga langkah berurutan dalam proses peramalan penjualan yaitu, mempersiapkan perkiraan kondisi ekonomi secara umummenyiapkan perkiraan penjualan industrimempersiapkan perkiraan produk atau perusahaan penjualan. Sales manajer yang terlibat dalam perkiraan tersebut harus melakukan persetujuan, dengan isu pertanggung jawaban dalam perkiraan, metode memilih perkiraan, lama perkiraan, dan evaluasi dalam perkiraan penjualan.
Cara atau metode untuk melakukan penaksiran atau peramalan penjualan  di atas adalah sebagai berikut:
1.    Bersifat Kualitatif Merupakan cara penaksiran yang menitikberatkan pada pendapat seseorang. Cara penaksiran semacam ini mempunyai kelemahan yang menonjol, yaitu bahwa pendapat seseorang seringkali banyak diwarnai oleh hal-hal yang bersifat objektif. Dengan demikian ketepatan hasil taksiran menjadi diragukan.
Adapun beberapa cara penaksiran atau peramalan yang bersifat kualitatif ini adalah : Pendapat pimpinan bagian pemasaran. Pendapat para petugas penjualan. Pendapat lembaga-lembaga masyarakat. Pendapat konsumen. Pendapat para ahli yang dianggap memahami.
2.      Bersifat Kuantitatif Merupakan cara penaksiran yang menitikberatkan pada perhitungan-perhitungan angka yang menggunakan berbagai metode statistik. Dengan menggunakan cara peramalan atau penaksiran yang kuantitatif semacam ini diharapkan dapat menghilangkan unsur-unsur subjektif seseorang, sehingga hasil taksirannya dapat lebih dipertanggungjawabkan.  Namun cara ini mengandung kelemahan, yaitu adanya hal-hal yang tidak dapat diukur secara kuantitatif, seperti halnya selera konsumen, kebiasaan konsumen, tingkat pendidikan dan cara berfikir masyarakat, struktur individu yang berbeda dan lain sebagainya.

TUJUAN RAMALAN PENJUALAN Untuk mendapatkan informasi perusahaan yang berlaku saat ini dan dimasa lalu serta melihat sejauh mana pengaruh di masa datang. Ramlan penjualan dibutuhkanketika ada delay diperusahaan, Berguna untuk  menyusun rencana bisnis agar efektif dan efisien.

MANFAAT RAMALAN PENJUALAN 
Menambah kemampuan perusahaan untuk mengadakan pengawasan informasi kegiatan-kegiatan tertentu atau memperbaiki proses pemberian laporan., Memungkinkan timbulnya teamwotk dintara pimpinan., memungkinkan di buatnya jadwal – jadwal pembelian, produksi, budget penjualan dan budget alokasi pengeluaran sehingga di peroleh pedoman dasar bekerja yang relatif lebih tepat.




Komentar

  1. penjualan memberikan titik awal untuk asumsi yang digunakan dalam kegiatan perencanaan
    Selamat datang di Bolavita Situs taruhan online
    judi sabung ayam
    Daftarkan diri anda dan teman anda bersama BOLAVITA

    Info Lebih Lanjut Bisa Hub kami Di :
    whatup : 08122222995
    BBM: D8C363CA

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

PENGERTIAN RISK AND RETURN

Business Practice 4 (Company Identity)

BROMO - http://themahir.blogspot.co.id/2011/12/keindahan-gunung-bromo-indonesia.html